Oct 10, 2016

Cara Cepat Belajar Menjadi Teknisi Komputer

Teknisi Komputer
Halo Sobat Blogger, apa kabar nih semoga semuanya sehat selalu ya, di kesempatan ini saya mau berbagi pengalaman mengenai seputar Dunia Komputer, bagaimana Cara Cepat Belajar Menjadi Teknisi Komputer, lumayan kan kalau bisa jadi, ga musti repot-repot ke tukang service. Di tulisan kali ini saya mencoba mengupasnya mudah-mudahan dapat berguna dan jangan lupa ya di share kalau memang menurut sobat bermanfaat, Oke langsung saja nih, sebelum ingin menjadi teknisi komputer ada beberapa yang harus sobat persiapkan seperti :
  1. Mental sebagai seorang teknisi
  2. Peralatan elektronik
  3. Dan pastinya Fulus
itu saja modal dasarnya selebihnya kalau sudah expert ya siapa tau bisa buka usaha Consultant IT..Aamin. Mari kita bahas.

Komputer dapat diibaratkan sebagai sebuah perusahaan dengan ratusan pegawai yang bekerja didalamnya. Jika salah satu dari pegawai tersebut sakit atau tidak aktif bekerja, pasti sedikit banyak akan berpengaruh terhadap jalannya opeerasional perusahaan. Apalagi jika yang tidak aktif tersebut adalah pihak yang masuk dalam kategori pemain utama dalam perusahaan seperti Manager atau Direktur.

Seperti tim dalam sebuah perusahaan, setiap alat dan komponen yang terdapat di dalam komputer memiliki tingkat kepentingan sendiri-sendiri. Jika hanya kabel data (USB atau DVD Room) yang rusak, maka hal itu tidak akan mengakibatkan komputer mati secara total. Kabel yang rusak tersebut hanya mengakibatkan terputusnya koneksi antar Motherboard dengan kabel data (USB atau DVD Room) sehingga sobat tidak bisa menyalin data atau melihat isi dari drive tersebut atau sebaliknya. Tetapi lain halnya jika processornya yang rusak karena terkena korsleting. Processor dalam komputer berfungsi sebagai Direktur Utama yang memberikan intruksi kepada komponen-komponen lain untuk beroperasi dan bekerja, sehingga jika mati akan membuat komputer berhenti bekerja. 

Tidaklah berlebihan jika mengatakan komputer merupakan alat bantu manusia yang keakuratan dan keandalannya dalam bekerja tidak diragukan lagi. Tetapi bagaimana pun, seperti mesin yang lain, komputer juga dapat mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsinya. Komputer tidak "burn-out" atau "force out"  oleh ragam penggunaan manusia yang salah dan oleh ketahanan komponen yang mempunyai kemampuan sampai tingkat tertentu. 

Masalah yang ditimbulkan oleh komputer kadangkala merupakan masalah kecil yang tidak memerlukan tingkat pengetahuan yang tinggi mengenai komputer. Untuk menyelesaikan hal itu, mungkin bisa diselesaikan oleh seorang yang mempunyai pengetahuan sangat dasar tentang komputer. Tetapi terkadang masalah-masalah tersebut juga membutuhkan tingkat kemampuan yang tinggi tentang komputer dan komponen-komponennya sehingga memerlukan seorang teknisi khusus untuk perbaikannya.

Tugas utama seorang teknisi PC ialah mengenali komponen yang gagal berfungsi. "Troubleshooter"  menggunakan peralatan yang diperlukan serta kemampuan berpikir manusia, untuk mencari dan memperbaiki komponen yang gagal berfungsi tersebut.

Nah dari penjelasan tersebut diatas saya akan berbagi tips-tips sederhana yang terkadang kurang diperhatikan orang, tetapi sebenarnya merupakan aturan-aturan pokok jika seseorang ingin berkutat dan bekerja dengan komputer. Meskipun terlihatnya sepele jika tidak diperhatikan akan terkadang dapat menyebabkan kesalahan yang fatal pada komponen komputer sobat.

Berikut 11 cara sederhana yang wajib diperhatikan sebelum memulai bongkar komputer adalah :

1. Jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan Teknisi yang ahli di bidangnya 

Jika Sobat menemukan masalah yang tidak bisa di atasi dengan melakukan langkah-langkah yang saya jelaskan di artikel ini, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi yang sobat anggap spesialis di bidangnya. Hal itu penting untuk menghindari langkah "coba-coba" yang mungkin dapat berakibat fatal pada sistem komputer sobat.

2. Jika tidak diperlukan, jangan mengkoneksikan listrik ke komputer saat Casing CPU masih terbuka.  

Hal ini cukup penting, ketika Sobat masih mengotak-atik komponen-komponen di dalam komputer, jangan mengkoneksikan komputer kelistrik. Bila sobat mengabaikan hal ini, resiko bahaya yang sedang mengintai sobat. Terutama pada PC yang memiliki power suply ATX, untuk memutuskan listrik tidak cukup hanya mematikan power yang ada di depan casing komputer. Jaringan listrik masih mengalir dan masih menyuplai motherboard dengan arus utama. Jadi untuk memutuskan aliran listrik, cabut saja kabel power dari colokannya dan jangan memasangnya sebelum sobat benar-benar siap untuk menghidupkan komputer.

3. Jaga kebersihan tempat sobat bekerja.
Jangan anggap remeh dengan kebersihan tempat kerja. Hindari makan dan minum di te,pat kerja. Bila sobat lapar dan haus, lakukan di meja makan atau tempat yang lain. Kadang secara tidak sadar sobat dapat menumpahkan minuman ke dalam PC yang terbuka atau pada komponen lain yang sedang dilepas.


4. Gunakan sinar lampu yang baik saat bekerja.
Ini cukup penting karena akan memperlancar pekerjaan sobat. Bekerjalah ditempat yang terbuka dan terang atau dengan sebuah lampu belajar yang terang. Jika cahaya lampu tidak mencukupi pada pekerjaan kecil yang terlalu rumit, gunakan lampu senter yang kecil.


5. Pakailah alas kaki (sandal atau sepatu) saat membongkar komputer
Memakai alas kaki saat membongkar komputer berguna menghindari aliran listrik liar yang muncul saat anda mengotak-atik komputer. Meskipun kecil, aliran listrik tersebut dapat mengejutkan sobat.


6. Siapkan sapu tangan untuk mengelap keringat.
Bila sobat gampang berkeringat, sediakan sapu tangan sebelum bekerja. Ingat bahwa tetesan keringat dapat membuat korsleting (hubungan pendek listrik) yang akhirnya dapat merusak komponen.


7. Siapkan tempat untuk sekrup dan baut
Sebagian dari sekrup ini memiliki ulir yang berbeda. Sekrup tutup casing yang biasanya berulir besar, dapat merusak lubang sekrup untuk ukuran yang lebih kecil (misalnya lubang sekrup untuk hardisk atau motherboard). Sebelum menyalakan komputer, periksalah apakah masih terdapat sekrup-sekrup atau panel-panel penutup casing yang masih belum terpasang. Kesalahan pemasangan dapat menimbulkan hubungan singkat pada saat booting.


8. Jangan melakukan pemaksaan terhadap komponen yang sulit dipasang.
Biasanya semua komponen dalam komputer seperti Processor, VGA, Sound card, RAM dan sebagainya dapat dipasang ke dalam soketnya dengan mudah. Jika tidak, jangan memaksa memasangnya ke soket. Hindari penekanan komponen yang sulit dipasang. Lebih baik periksa apa yang menghambatnya, atau apakah sobat sudah memasangnya dengan benar. Jika perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi atau orang yang lebih pengalaman.

9. Berikan Ground pada komputer.
Motherboard dan komponen komputer lain memiliki integrated circuit yang sangat peka. Untuk menghindarkan kerusakan motherboard dan komponen komputer lain akibat listrik statis, casing komputer sebaiknya di-Ground ke tanah sehingga tidak ada arus bocor yang membahayakan user saat menyentuh bagian dari komputer yang terbuat dari logam. Selain itu dengan melakukan grounding maka usia komponen komputer akan lebih lama. 
 

10. Simpan komponen yang dilepas di tempat yang tepat.
Hati-hati meletakkan komponen-komponen yang tidak sedang terpasang pada komputer. Box-box kota tersebut sebaiknya jangan dibuang karena masih dapat digunakan untuk tempat penyimpanan sementara atau jika suatu saat terjadi penggantian komponen tersebut.

11. Catat setiap perubahan yang terjadi pada komputer sobat.
Pencatatan dimaksudkan untuk mengetahui segala perubahan yang telah terjadi secara fisik seperti penggantian komponen, penambahan RAM dan sebagainya, sehingga sobat dapat mengetahui dengan benar kondisi terakhir dari komputer sobat.


Nah sementara itu dulu 11 cara sebelum bongkar komputer, 11 cara tersebut bisa sobat praktekan nantinya saat membongkar komputer. Untuk selanjutnya saya akan bahas 4 Peralatan Bongkar Komputer yang wajib sobat siapkan sebelum membongkar komputer. Apa saja 4 Peralatan Bongkar Komputer tersebut, kita bahas nanti ya uda jam 1 malam ini mata uda mulai 5 watt, See u di next pembahasan 4 Peralatan Wajib Bongkar Komputer.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.

Oldest Page