Oct 24, 2016

Cara Mengatasi Booting Lambat Pada Komputer

PC lambat

Komputer sekarang ini banyak sekali jenis dan model, beberapa diantaranya yang menguasai pasar di Indonesia merk-merk yang familiar seperti Acer, Lenovo, Apple, Asus dan lain sebagainya. Persaingan dari merk-merk tersebut pun berimbas baik kepada konsumen. Baik dari jenis laptop maupun PC, mereka bersaing menciptakan dan menyajikan layanan yang terbaik untuk konsumennya. Namun dibalik itu semua terkadang beberapa merk pelayanan after salaesnya masih kurang diharapkan, dari mulai keterbatasan informasi lokasi service center dan banyak lagi. 

Dari fenomena diatas kita selaku konsumen mau tidak mau dituntut agar paham dan mngerti bagaimana teknik dasar mengenali error atau kerusakan yang terjadi pada komputer, khusunya yang versi Desktop atau PC. Salah satu yang sering terjadi permasalahan adalah komputer Lemot atau lambat saat beroperasi. komputer booting dan masuk ke sistem operasi tapi sangat lambat. padahal kalau dilihat dari spesifikasi komponen pendukungnya sudah sangat tinggi bisa dikatakan jika kondisi normal sistem operasi seharusnya berjalan lancar dan cepat tidak lambat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut mari kita bahas Cara Mengatasi Booting Lambat Pada Komputer dan Hang yang sering terjadi pada komputer, apa saja berikut pembahasan dan solusinya.


Cara Mengatasi Booting Lambat Pada Komputer

Kalau komputer yang lambat jika melakukan proses itu biasanya disebabkan oleh spesifikasi processor dan ukuran memori yang rendah. Tapi bagaimana kalau spesifikasi komputernya sudah cukup tinggi dan memadai namun proses booting masih lambat, itu yang kita bahas disini.

Komputer yang selalu lambat atau sering lambat saat proses booting biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya program yang berjalan pada saat star-up pertama kali yang demikian itu dapat menguras memori komputer. Untuk mengatasinya coba sobat lakukan sebagai berikut.
  1. Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif berjalan di komputer.
  2. Kemudian klik start, Run lalu ketik msconfig enter akan masuk ke System Configuration
  3. Pilih menu tab Startup di kotak dialog tersebut, nah yang tertanda centang di kotak tersebut itu program yang aktif saat ini dan otomatis terdeteksi saat startup awal.
  4. Hilang kan tanda ceklist atau uncheck program aplikasi yang menurut sobat tidak penting untuk ditampilkan khususnya saat Startup Awal komputer. Jika sudah selesai sobat klik tombol Apply dan OK untuk mengaktifkannya pilihan tadi. Lalu YES dan Sobat Restart Komputernya.
  5. Lakukan sesering mungkin pengontrolan tersebut untuk mencegah terjadi hal serupa dan jika dibirkan akan berakibat ke Hardware komputer, terutama Hardisk yang sangat rentan sekali kerusakan.
Selain permasalahan Cara Mengatasi Booting Lambat Pada Komputer, sering juga terjadi komputer Hang. Kondisi tersebut tentunya membuat kita panik bahkan kesal, apalagi saat menngerjakan file yang penting untuk pekerjaan tiba-tiba komputer tidak bisa di gerakkan alias Hang Heng Hong, dapat dibayangkan paniknya kita karena data yang kita kerjakan sampai menghabiskan waktu berjam-jam bisa hilang karena komputer Hang.

Permasalahan Hang berawal dari komputer dapat booting dengan normal saat pertama kali namun saat sedang di gunakan tiba-tiba Hang dan sering sekali macet tiba-tiba. Kejadian HAng pada komputer pun berbeda-beda dari mulai keyboard yang tidak bisa diketik, mouse yang tidak bisa digerakkan, Program yang tidak bisa dijalankan atau saat berjalan berhenti ditengah-tengah.

Penyebab Hang dapat dikategorikan 2 hal yaitu bersumber dari Software yang mengalami crash system dan bersumber dari Hardware yang mengalami crash saat beroperasi. penjelasannya sebagai berikut : 


Hang Bersumber Dari Software

Komputer yang hang bersumber dari software yang mengalami crash system biasanya hardware masih bisa di gerakkan seperti, mouse, keyboard, Jika sobat mengalami kondisi tersebut dapat melakukan langkah 
  1. Tekan tombol pada keyboard secara bersamaan tombol CTRL+ALT+DEL jika berhasil akan muncul kotak dialog Close Program disitu Sobat bisa melihat Program atau aplikasi yang tidak bisa berjalan atau Not Responding, Program itulah yang menjadi penyebabnya.
  2. Sobat pilih atau arahkan cursor mouse dan pilih program yang tida respond tadi lalu paksak hentikan dengan cara menekan tombol End Task di kotak dialog.
  3. Untuk antisipasi lanjutan sobat tutup saja semua progam yang sedang berjalan tersebut atau yang menurut sobat tidak terpakai dengan cara yang sama seperti diatas.
  4. Kalau sudah dilakukan langkah langkah tersebut tapi komputer masih tetap saja Hang terpaksa lakukan hard reset dengan cara menekan tombol reset di komputer sobat.
  5. Setelah di komputer di reset dan kembali ke awal, serta sistem windows berjalan normal, lakukan hal seperti diatas untuk memastikan kembali dan mengecek program-program mana saja yang not respond, ini penting dilakukan agar sobat mengetahui program mana yang menjadi biang keladinya.
  6. Jika sudah ditemukan program yang menjadi penyebabnya ada baiknya sobat Uninstal saja program tersebut agar tidak mengalami hal serupa komputer Hang.


Hang Bersumber Dari Hardware

Kemungkinan crash antar Hardware bisa terjadi yang menjadi penyebab komputer Hang, kondisi ini sering terjadi pada sistem Windows. Penyebab crashnya pun macam-macam dari hardware yang sudah life time atau sudah tua umurnya, sehingga sangat memungkinkan berbenturan dan crash dengan hardware yang baru ini terjadi di banyak komputer yang Rakitan. Hang pada komputer pun dapat terjadi karena Interup pada sistem komputer yang tumpang tindih sehingga menyebabkan salah satu perangkat yang aktif tiba-tiba macet dan kondisi menjadi tidak normal. 

Mengatasi yang demikian itu langkah amannya adalah menginstal ulang sistem windowsnya, sebelum menginstal ulang pastikan hardware yang sobat curigai bermasalah di copot dahulu dari CPU disarankan mencopot Hardware yang baru dan biarkan perangkat lama terdeteksi oleh windows yang baru di Reinstal.

Setelah selesai Reinstal Sobat pasang lagi Hardware yang tadi sempat di copot dari CPU lalu jalankan Add New Hardware yang ada di Control panel atau pilih Start, Control Panel, Add New Hardware, biarkan prosesnya berjalan sampai hardwarenya terdeteksi setelah selesai lakukan restart pada komputer sobat.

Itulah beberapa pembahasan mengenai Cara Mengatasi Booting Lambat Pada Komputer dan Cara Mengatasi Hang pada Komputer. Langkah yang di bahas tadi adalah hanya langkah awal pertolongan pertama. Kalau masih terjadi permasalahan ada baiknya untuk membawa komputer sobat ke tempat service yang sobat percayai dan dianggap mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.