Oct 23, 2016

Cara mengatasi Komputer Selalu Safe Mode

Bagi kebanyakan para pengguna komputer yang aktivitasnya sangat padat bahkan sangat bergantung untuk menunjang pekerjaan dan semua kegiatannya, tentu ibarat kata komputer seperti nyawa ke dua bagi si empunya. Mengapa dikatakan demikian, di jaman serba digital sekarang ini, kita dituntut bisa selalu kreatif dan bersaing dalam pekerjaan. Apalagi jika kita bekerja yang sehari-hari menggunakan alat kerja penunjangnya komputer.

Cara mengatasi Komputer Selalu Safe Mode
Tampilan menu safe mode pada windows7
Sering sekali kendala-kendala dihadapi dengan komputer mungkin bagi sebagian orang yang paham akan kerusakan komputer tentu bukan hal yang menjadi momok menyeramkan, karena dia dapat dengan mudah mendeteksi dan mengenali kerusakan yang terjadi pada komputer. Hal ini tentu berbeda bagi orang awan yang jika mengalami kerusakan, tentu dan pastinya panik, apalgi jika banyak tugas pekerjaan yang sudah deadline atau mungkin sedang membutuhkan informasi yang penting yang tersimpan di dalam komputernya.

Masalah yang sering terjadi pada komputer dan umum sering kita jumpai atau bahkan sobat pernah mengalaminya adalah saat menyalakn komputer tetapi selalu masuk ke safe mode, wah bisa menjengkelkan pastinya. Baiklah sobat di pembahasan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana Cara mengatasi Komputer selalu Safe Mode.

Ini yang umum dan sering terjadi saat komputer booting tiba-tiba sistem tampil tidak biasanya dan menyuruh kita untuk masuk ke safe mode, dan bagi kebanyakan orang awan saat mengikuti instruksi tersebut dan masuk ke dalam safe mode akan melihat dan menemukan komputer tidak bisa di operasikan sebagaimana mestinya, gambar tampilan layar tidak full warna dan seramnya lagi sebagian besar Driver tidak aktif dan tidak bisa digunakan pada saat masuk ke safe mode. Tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan dan Sobat pasti kesal dibuatnya.

Tapi tenang sobat ini saya bahas bagaimana Cara mengatasi Komputer selalu Safe Mode dan solusinya. Masuknya sistem ke safe mode mengartikan bahwa ada yang tidak beres pada sistem komputer sobat. Hal ini bisa disebabkan seperti hilangnya file penting di sistem komputer sobat, driver serta file penting lain dari windows dapat langsung Windows menampilkan safe mode. Berikut beberapa cara mengatasi Komputer selalu Safe Mode.
Tampilan masuk Safe mode
  1. Silahkan sobat Restart kembali Windows di komputer sobat dan paksakan masuk ke normal mode. Kalau terdapat kesalahan sistem, biasanya windows akan memberitahukan ada yang error. Catat pesan error tersebut dan laporkan ke Microsoft dengan petunjuk yang tersedia biasanya di barengi dengan munculnya kotak pemberitahuan atau sobat bisa masuk ke browser ketik http://support.microsoft.com/support.
  2. Jika dirasa cara tersebut sobat tidak yakin, sobat bisa menginstal ulang windowsnya. Nah kalau menggunakan cara ini pastikan dan jangan lupa sobat membackup terlebih dahulu file-file yang terdapat di hardisk sobat atau jika hardisnya di partisi menjadi beberapa bagian sobat backup di drive yang bukan menjadi sistem atau nantinya tempat untuk menginstal kembali windows sobat atau sobat bisa membackupnya menggunakan usb flasdisk atau media lainya yang sobat anggap aman.
  3. Jika sobat sudah menginstal ulang windows tapi masih tetap terjadi kendala diatas, komputer masih tetap safe mode, ada kemungkinan besar hardisk sobat yang mengalami masalah seperti hardisk badsector, terdapat kerusakan di beberapa part di hardisk sobat, untuk mengatasinya sobat tetap masuk ke safe mode lalu lakukan scan disk hardisknya, bisa dilakukan dengan cara 
  • Klik start Program - Program - Accessories - System Tools lalu pilih Scandisk.
  • Atau cara Klik start Program - Search program and file - ketik cmd, nanti akan masuk ke mode dos lalu sobat ketik CHKDSK - Enter. Biarkan sistem bekerja sampai selesai lalu restart komputer sobat.
      4. Jika cara diatas masih tidak berhasil Hardisk Sobat memang sudah bermasalah diganti baru.

Demikian penjelasan bagaimana Cara mengatasi Komputer selalu Safe Mode, langkah diatas memang belum tentu membantu tapi setidaknya bisa menambah pengetahuan kita mengenai salah satu kerusakan yang terjadi di komputer kita. Jika sobat sudah berusaha dan melakukan cara diatas namun hasilnya masih sama tetap seperti itu. Ada baiknya sobat menghubungi orang yang paham dengan masalah tersebut, bisa berkonsultasi lebih lanjut atau segera membawa komputer sobat ketempat service komputer yang sobat percaya.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.