Nov 14, 2016

Mengenal Komponen Komputer Motherboard Beserta Fungsinya

Mengenal Komponen Komputer Motherboard Beserta Fungsinya. Halo sobat, apa kabar, dikesempatan kali ini saya akan membahas mengenai seputar komponen-komponen yang terdapat di dalam CPU komputer, ada banyak komponen yang saling terhubung satu sama lainnya. Nah sebelum lanjut lebih jauh membahas satu persatu komponen yang terkait didalamnya, saya akan bahas terlebih dahulu Mengenal Komponen Komputer Motherboard Beserta Fungsinya.

CPU Komputer
Salah satu perlengkapan komputer PC adalah terdapatnya CPU, CPU ini adalah bagian terpenting dalam pemprosesan data. Setelah data dimasukkan ke dalam mesin komputer menggunakan keyboard dan mouse, selanjutnya data tersebut akan diproses dengan menggunakan komponen-komponen pemproses yang terdapat di dalam komputer. Komponen-komponen pemprosesan terkumpul dalam sebuah kotak yang sering kita sebut CPU. 

Dalam dunia komputer yang berkembang sekarang ini, sering terjadi penyebutan yang salah kaprah tentang komponen pemproses ini. Hal ini terjadi ketika kebanyakan orang menyebut kotak pemproses seperti gambar diatas dengan nama CPU. Padahal sebenarnya CPU adalah salah satu komponen kecil yang terdapat didalam kotak tersebut.


MOTHERBOARD DAN BIOS
Sesuai dengan namanya, Motherboard atau papan induk merupakan pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Papan induk tersebut juga melakukan pengaturan lalu lintas data piranti-piranti seperti hardisk, CD-ROM, sampai pada keyboard, mouse dan bahkan printer. Singkatnya, hampir semua komponen komputer terhubung baik secara langsung maupun tidak langsung dengan Motherboard. Motherboard juga yang melakukan pengaturan terhadap sumber daya listrik pada setiap komponen di dalam PC. 

Berbagai jenis Motherboard beredar dipasaran. Mulai dari produk-produk Intel yang sampai dengan sekarang masih mendominasi pasar sampai pada produk-produk asal Taiwan seperti VIA Technologies yang telah menciptakan Motherboard yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

Sedangkan Bios merupakan singkatan dari Basic Input Output System berisikan kumpulan informasi tentang Motherboard dan juga merupakan software yang berisi perintah-perintah utama. Fungsi utama dari BIOS ini adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan komponen-komponen yang terpasang pada Motherboard. Dalam Motherboard, terdapat beberapa komponen yang terintegrasi dan saling bekerja sama dalam melaksanakan tugas pengolahan dan pengendalian komponen yang terpasang didalamnya. Komponen-komponen tersebut merupakan komponen internal dari sebuah motherboard yang beberapa diantaranya dalam penjelasan berikut.


SOKET PROCESSOR
Socket processor merupakan tempat untuk meletakkan processor atau CPU. Selain sistem socket, sebenarnya ada juga sistem slot. Tetapi untuk processor terbaru, dimulai dari generasi Pentium 3 sudah tidak ada lagi yang menggunakan sistem slot tersebut. Gunakan Moteherboard sesuai dengan socket processornya yang anda pilih, tanyakan kepada si penjual atau yang menrut anda paham akan hal ini.


SOKET MEMORI (Soket RAM)
Seperti  namanya, soket memori berfungsi untuk meletakkan memori atau RAM komputer pada Motherboard. Bentuk soket ini berbeda tergantung jenis RAM nya. Ada yang 72 pin, ada yang 168 pin dan ada juga 184 pin. Untuk RAM jenis EDO menggunakan 72 pin, SD RAM atau DIMM menggunakan 168 pin dan DDR menggunakan 184 pin.


SOKET IDE dan SATA 
Soket IDE digunakan untuk masih banyak pada jenis komputer lama fungsinya sebagai konektor kabel penghubung antara hardisk ke motherboard, CD ROOM ke maotherboard, Perkembangan sekarang ini jenis kabel IDE sudah tidak dipergunakan lagi digantikan dengan Kabel Sata yang fungsinya sama namun lebih cepat dari sisi pembacaan data.


SLOT AGP dan PCI
AGP merupakan singkatan dari Accelerated Graphic Port yang berguna untuk menyalurkan data dari kartu grafis ke processor tanpa melalui memory utama. Hal itu akan mempercepat proses pengelolaan data yang berbasis pada grafis. Kebanyakan Motherboard saat ini menyertakan bus AGP 4x yang mampu bekerja pada frekuensi 266 MHz. Slot PCI juga dipergunakan untuk pemasangan kartu-kartu seperti VGA dan Sound Card. Tetapi kartu-kartu yang dipasang pada slot ini adalah untuk slot PCI. Dari sisi kecepatan prosesnya, kartu yang berbasis PCI masih kalah jika dibandingkan dengan Slot AGP.


BATERE CMOS
CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconduktor, merupakan batere yang dipergunakan untuk menyimpan settingan BIOS dan setingan lainnya selama Batere tersebut masih aktif.


PORT KOMPONEN EKSTERNAL
Komponen ini berada di bagian belakang Motherboard dan berfungsi untuk menancapkan konektor motherboard dengan komponen eksternal seperti keyboard, Mouse, Printer, Monitor, dan sebagainya.

Baiklah sobat mungkin itu saja pembahasan seputar Mengenal Komponen Komputer Motherboard Beserta Fungsinya, sebenarnya masih banyak lagi komponen-komponen terkait lainnya, yang mungkin akan saya bahas dilain waktu, jika ada sobat yang ingin berbagi pengalaman silahkan berbagi di kolom komentar ini.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.