Nov 29, 2016

Tips Gampang Membuat Sitemap di Blog

Kreativitas

Perkembangan akan kebutuhan informasi sekarang ini luar biasa majunya, informasi terus berkembang seiring dengan mudahnya akses Teknologi yang ada, terutama bagi pemilik Blog atau website. Mereka terus bersaing untuk memeperkenalkan Produk-Produk mereka melalui Jejaring sosial dan media Internet lainnya. Di satu sisi pun perkembangan teknologi sudah merambah ke pelosok daerah, masyarakat sekarang ini tidak lagi susah untuk mendapatkan informasi apapun itu jenisnya.

Dari fenomena diatas ada banyak dampaknya, baik itu yang positif maupun yang negatif, disini saya menggaris bawahi hanya dampak positifnya saja terutama bagi pemilik blog atau pun website. Namun sering kita bertanya-tanya bagaimana carannya agar web atau blog yang kita punya ini cepat terindex dengan Search Engine (baca : Cara Mudah Menaikan Score SEO Blog) ini pernah saya ulas sebelumnya. Selain metode SEO ada banyak langkah-langkah yang harus dilakukan seperti pembahasan saya kali ini Tips Gampang Membuat Sitemap di Blog.

Selain Peta situs atau Sitemap sobat daftarkan ke Webmaster google, di Laman statis blog pun bisa dibuat, tujuannya untuk memudahkan navigasi pengunjung juga agar semua isi yang ada di dalam blog kontennya dapat mudah dilihat. Untuk Sitemap yang saya bahas disini adalah Sitemap seperti halnya Daftar isi yang berada di laman Statis. Nah bagaimana cara membuatnya disini saya akan berbagi dan script kodennya yang saya ambil dari blognya arlina design, seperti apa cara dan bentuknya sebagai berikut,

1. Login ke blog sobat lalu pilih Laman
Laman Statis
2. Pilih HTML jangan Compose karena sobat akan menginputkan kodenya
3. Copas Kode berikut :
<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div id="bp_toc">
Loading TOC. Please wait....</div>
<script src="https://cdn.rawgit.com/Arlina-Design/redvision/master/daftar-isi-simple.js" type="text/javascript"></script> <script src="/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&amp;max-results=9999&amp;callback=loadtoc" type="text/javascript"></script></div>
 4. Beri nama Sitemap Laman statisnya, lalu Publikasikan

Sitemap atau daftar isi sangat berguna dan bermanfaat khususnya bagi pengunjung blog kita, sebenarnya ada banyak model scriptnya tergantung selera dari masing-masing, namun kalau saya suka yang sederhana saja seperti skrip yang saya pakai dari blognya arlina design. 

Namun sekali lagi jika ingin menaikan trafik blog harus rajin-rajin mengupdated artikelnya, jangan menggunakan atau tergiur pakai alat menaikan trafik, karena di mata search engine tidak baik dan akan berakibat fatal bagi blog kita, upayakan mendatangkan trafik dari cara yang alami, idealnya untuk sebuah blog atau website baru kita akan mengetahui stabilnya pengunjung setelah 3 bulan.

Demikian ini saja yang bisa saya sharing untuk kali ini semoga bermanfaat buat kita semua, jika ada yang ingin berbagi pengalaman dapat berbagi di kolom komentar ini. terima kasih sudah berkunjung.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.