Dec 23, 2016

Mengenal Jenis Processor Komputer


Procesor Komputer

Processor atau sering disebut juga dengan Central Processing Unit adalah pusat penggerak atau pengeksekusi dari semua tugas dan perintah baik yang berupa data ataupun informasi yang ada di dalam sistem komputer kita. CPU mempunyai fungsi menjalankan program-program yang telah disimpan didalam memoro utama, dengan cara mengambil perintah-perintah, menguji perintah tersebut lalu kemudian melaksanakannya satu per satu.

Setiap komponen yang ada didalam komputer dapat menjalankan fungsi dan tugasnya secara bersama-sama, namun kendali proses tetap pada CPU. Kecepatan dalam menjalankan perintah berbeda-beda sehingga perlu adanya pengontrolan yang bisa membuatnya tersinkronisasi kerja dalam modul tersebut.

Processor adalah tolak ukur terbesar yang menentukan baik buruknya kinerja komputer. Hal ini dapat bisa kita amati jika kita akan membeli komputer, kebanyakan yang akan ditanyakan kepada penjual ke pembeli adalah jenis processor apa yang kita butuhkan dan yang akan dibeli?, hal ini penting ditanyakan agar si penjual dapat menggambarkan fitur dan fungsi dari processor yang akan kita beli. 

 
Jenis Processor Komputer
Sampai dengan sekarang ini menurut pengetahuan saya ada tiga merek Processor yang terkenal didunia yaitu Intel, AMD dan VIA. Intel membagi produknya dengan beberapa kelompok seperti Pentium, Celeron, DualCore, Core i yang terbaru. Processor Core i (3-7) sekarang ini menjadi unggulan dalam dunia komputer yang pastinya dari sisi performa lebih bagus dan tentunya harganya pun relatif mahal lain halnya dengan AMD yang rata-rata masih terjangkau. 

Sebagai informasi tambahan processor untuk performa PC memiliki ukuran chace memori yang lebih besar dibandingkan processor kelas value PC. Sehingga lebih murah harganya Intel Celeron jika dibandingkan Intel pentium karena penekanan ukuran chace pada setiap processor tersebut. Sedangkan jika dilihat dari arsitektur bentuknya dan fitur yang terdapat didalamnnya yang melengkapi processor tersebut pada umumnya sama saja.

Untuk jenis processor AMD pun melakukan strategi pembagian juga pada produknya kedalam dua kelompok yaiyu AMD Athlon dan AMD Duron. AMD Athlon diposisikan sebagai pesaing utama untuk processor Intel, sedangkan untuk pesaing Intel Celeron yaitu AMD Duron.

Yang terakhir jenis Processor VIA Technologies, produk ini mulai di luncurkan pada akhir tahun 2001. Produk VIA processor yang pertama kali diperkenalkan di pasaran adalah processor yang dikemas dalam kaleng yang sering disebut dengan cool chip in a can. Dari segi performa memiliki kualitas yang sama dan setara dengan Processor seniornya dan bahkan meniru atau mengadopsi teknologi AMD dan Intel sekaligus bersamaan, jadi bisa dibilang atau dikatakan memiliki performa yang sifatnya kombinasi karena didalamnya tertanam teknologi dari ke dua teknologi Intel dan AMD. Contohnya Produk keluaran VIA jenis Processor C3 yang sudah dilengkapi dengan 3Dnow dan MMX.

Itulah diatas Jenis Processor komputer yang sampai dengan sekarang ini beredar dan digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer di dunia ini, tentunya tergantung dari selera dan kebutuhan masing-masing pengguna komputer, lalu bagaimana dengan sejarah perkembangan processor dari masa ke masa. Perkembangan processor terus mengalami kemajuan yang sangat pesat mengikuti permintaan dan perkembangan teknologi komputer, hampir bisa dipastikan setiap setahun sekali selalu saja ada perkembangan updated terbaru spesifikasi dari Processor komputer, Namun tahu tidak sobat semua sejarah perkembangan Processor dari masa ke masa, berikut tabel perkembangannya sebagai tambahan pengetahuan.
  1. Processor 8080 dibuat pada tahun 1974 dengan jumlah transistor 6,000 dan Clock Speed 2Mhz.
  2. Processor 8088 dibuat pada tahun 1979 dengan jumlah transistor 29,000 dan Clock Speed 5Mhz.  
  3. Processor 80286 dibuat pada tahun 1982 dengan jumlah transistor 134,000 dan Clock Speed 6Mhz.
  4. Processor 80386 dibuat pada tahun 1985 dengan jumlah transistor 275,000 dan Clock Speed 16Mhz.  
  5. Processor 80486 dibuat pada tahun 1989 dengan jumlah transistor 1,200,000 dan Clock Speed 25Mhz. 
  6. Pentium I dibuat pada tahun 1993 dengan jumlah transistor 3,100,000 dan Clock Speed 60Mhz. 
  7. Pentium II dibuat pada tahun 1997 dengan jumlah transistor 7,500,000 dan Clock Speed 233Mhz.  
  8. Pentium III dibuat pada tahun 1999 dengan jumlah transistor 9,500,000 dan Clock Speed 450Mhz. 
  9. Pentium 4 dibuat pada tahun 2000-2003 dengan jumlah transistor 42,000,000 dan Clock Speed 1,4 - 3,5 Ghz. Intel Core 2 Quad Q6600 dan Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 dibuat tahun 2006 2,8 - 3,5 Ghz sampai 4 Ghz.

 
Mengenal Lebih Dalam Bagian-Bagian Pada Processor  
Processor atau CPU (Central Processing Unit), terdiri dari beberapa bagian yang ada di dalam strukturnya. Bagian - bagian tersebut antara lain yang sudah dikenal adalah Register, Control Unit, Kendali I/O (Interconnection) dan Arithmetic Logic Unit. 


Register
Register adalah alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan segala instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama. Jika di analogikan register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak jika kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU yang berisi ingatan-ingatan satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika. 

Program yang berisi kumpulan dari instruksi perintah dan data diletakkan di memori utama yang diibaratkan sebagai sebuah meja. Kita mengerjakan program tersebut dengan memproses satu per satu perintah-perintah yang ada di dalamnya, dimulai dari perintah yang pertama dan seterusnya berurutan sampai akhir. Perintah ini dibaca dan diingat.

Seperti contoh misalkan perintah yang diberikan Hitung D = B + C, maka kita membutuhkan data nilai C dan B yang masih ada tersimpan di memori utama. Data ini dibaca dan di ingat atau data yang sedang diproses disimpan di register. Ada banyak register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya seperti penjelasan sebagai berikut :
  • Perintah Register (IR) digunakan untuk menyimpan perintah yang sedang diproses.
  • Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi perintah yang sedang diproses. Selama pemprosessan perintah oleh CPU isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi perintah berikutnya yang mendapat giliran yang nantinya akan diproses, sehingga jika pemprosesan perintah selesai maka akan ada jejak peritah selanjutnya di memori utama akan dapat mudah di pergunakan kembali.
General Purpose Register, adalah register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses, sebagai contoh register jenis iniyang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut juga dengan operand register, sedangkan untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator.


Control Unit
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data akan diolah serta kapan akan ditampilkan pada output. Unit ini juga dapat mengartikan perintah dari program komputer, membawa data dari alat input ke memori utama dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. 

Jika ada perintah untuk perhitungan dan aritmatika atau logika maka unit kendali akan mengirimkan perintah ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk selanjutnya disimpan dan jika saatnya akan di sajikan ke alat output. Jadi tugas dari unit kendali adalah :
  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
  • Mengambil perintah dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama jika diperlukan untuk diproses
  • Mengirim Instruksi ke ALU jika ada perhitungan Aritmatika atau Logika 
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama

Arihtmetic Logic Unit
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika dan Logika sesuai instruksi atau perintah yang diberikan. 


I/O Interconection
Input Output (I/O) Interconection merupakan sistem koneksi yang menghubungkan antar komponen internal dalam sebuah CPU yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga menghubungkan CPU dengan bus-bus eksternal diluar CPU.    

Setelah tadi kita mengetahui Sejarah processor jenis procesor dan komponen dalam yang ada di dalam processor tentu kita sering dihadapkan dengan permasalahan error atau kerusakan yang terjadi pada Processor lalu bagaimana cara kita mengatasi dan solusinya, berikut pembahasannya.

Perawatan Motherboard
Masalah Processor Cepat Panas
Processor PC sobat cepat sekali panas sehingga akan berdampak pada komputer dan dapat mengakibatkan hang, restart dan banyak lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut solusinya adalah pastikan bahwa pada saat pembelian processor, terutama merk AMD sobat wajib membeli heatsink tan atau pendingin processor yang kulaitasnya bagus, karena benda atau alat ini akan membuat sirkulasi udara pada casing lebih baik, jika perlu gunakan thermal paste untuk membantu terjadinya kontak antara permukaan chip processor dengan heatsink dibawah kipas. Pasta penghantar panas ini akan memperbaiki kontak CPU dengan kipas sehingga suhu processor tetap stabil dan terjaga.


Pasang Processor Baru Tidak Terdeteksi
Masalah ini sering sekali terjadi saat sobat baru saja memasang processor baru di motherboard untuk menggantikan processor yang lama, namun saat booting pertama kali ternyata speed CPU yang tampil di BIOS tidak sama dengan spesifikasi processor baru tersebut. 



Jika sobat mengalami masalah tersebut maka lakukan langkah berikut :
  • Cek kembali CPU apakah sudah terinstall dengan tepat. 
  • Jika CPU sudah terpasang dengan tepat, tapi tetap tidak terdeteksi, coba cek setingan motherboard apakah jumper-jumper yang ada sudah terpasang dengan benar. Hati-hati saat memeriksa jumper pada motherboard jika ragu sebaiknya minta saran dengan yang lebih ahli, karena jika salah memasang jumper motherboard akan mati total.
Baiklah sobat itu saja pengetahuan yang bisa saya berikan terkait Mengenal Jenis Processor Komputer dan Permasalahannya, artikel ini saya rangkum berdasarkan pengalaman yang ada, jika ada sobat yang ingin menambahkan dengan senang hati saya menerima. Terima kasih sudah berkunjung.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.