Jan 11, 2017

Cara Pasang Kode Unit Iklan Adsense di Blog AMP

Kode Adsense

Di awal tahun 2017 ini akhirnya saya memutuskan untuk mengganti template blog saya ini menggunakan template AMP, karena memang saya tipe orang yang selalu ingin belajar dan penasaran, apalgi yang memprakasai teknologi AMP Blog ini adalah raksasa internet yaitu Google. Tentu Google juga tidak akan sembarang meluncurkan teknoligi terbaru bagi blog pastinya ada alasan yang terbaik untuk pengguna initernet terutama para Blogger di dunia.

Nah untuk postingan saya kali ini akan membahas dan berbagi mengenai cara pemasangan kode unit iklan Adsense Google pada Blog AMP HTML. Cara pemasangan kode unit iklan ini harus menyesuaikan dengan template AMP kita ini, berbeda dengan template sebelumnya kita cukup mengcopy paste kode yang diberikan oleh Google Adsense untuk di pasang di Blog kita tanpa harus merubah kode scripnya.

Khusus untuk yang menggunakan template Blog AMP cara pemasangannya agak sedikit berbeda yaitu dengan menempatkan kode unit iklan adsense tersebut harus pas dengan blog AMP. Nah kabar baiknya Google pun sudah mengumumkan hal tersebut dansudah memberi penjelasan secara gamblang mengenai tata cara pemasangan kode unit iklan di Blog AMP HTML. Karena penasaran akhirnya saya pun mencobanya pada blog saya yang lain dan ternyata hasilnya bagus, stabil untuk semua ukuran unit iklan yang tersedia di Tab unit Iklan Google Adsense.

Pasti beberapa sobat masih bingung cara penerapan Pasang Kode Unit Iklan Adsense di Blog AMP HTML ini, yuk mari kita belajar sama dan simak penjelasannya yang akan saya bahas di postingan kali ini, simak sampai selesai ya sobat.

Ini dia biasanya kode unit iklan yang diberikan oleh Google Adsense seperti dibawah ini
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
   style="display:inline-block;width:728px;height:90px"
   data-ad-client="ca-pub-1234567890123456"
   data-ad-slot="1234567890"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Kode yang saya tandai diatas adalah kode yang nantinya akan di perlukan dalam unit amp-ad adsense

Untuk pemasangan Kode yang disarankan untuk Blog AMP HTML sebagai berikut

Pemasangan pada Layar Atas (Above The Fold)
Pemasangan unit iklan Tampak di layar atas atau istilahnya Above The Fold yaitu Iklan yang akan tampil pada saat layar Blog terbuka pada tampilan pertama kalinya sebelum layar tergulung kebawah, salah satu contoh unit iklan yang tampak layar atas adalah unit iklan yang disarankan di pasang pada bawah header dan google merekomendasikan untuk ukuran menggunakan unit iklan fixed-height 100px yang nantinya lebar iklan akan mengikuti secara otomatis dimana tempat iklan ditempatkan dan tingginya akan tetap fixed 100px, jadi iklan yang akan tampil adalah iklan yang dengan tinggi rentangnya 100px.


Berikut ini kode amp-ad iklan untuk pemasangan di Blog AMP HTML, silahkan copy dan gunakan persis seperti dibawah ini.
<amp-ad
layout="fixed-height"
height="100"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-1234567890123456"
data-ad-slot="1234567890">
</amp-ad>

Silahkan sobat rubah data-ad-client dan data-ad-slot dengan unit kode Adsense yang sobat punya.

Pemasangan kode unit Iklan pada Tampak Layar setelah di Scroll (Bellow The Fold)
Pengertian Bellow The Fold adalah iklan yang akan tampil pada bagian layar setelah cursor di scroll kebawah, kebanyakan Kode unit Iklan ini terpasang pada atas dan bawah postingan blog atau dibawah komentar, di keterangannya Google sangat menyarankan untuk memasang unit iklan dengan ukuran tingginya 250px, agar stabil gunakan layout="fixed-Height" jadi iklan akan otomatis muncul dengan iklan yang memiliki tinggi pada rentang 250px.

Seperti contoh kode yang sudah saya persiapkan untuk sobat, silahkan copy dan gunakan amp-ad dibawah ini
<amp-ad
layout="fixed-height"
height="250"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-1234567891234567"
data-ad-slot="1234567890">
</amp-ad>

Silahkan sobat rubah data-ad-client dan data-ad-slot dengan unit kode Adsense yang sobat punya.

Kode-kode Cara Pasang Unit Iklan Adsense di Blog AMP di atas adalah yang direkomendasikan oleh Google adsense, lebih jelasnya sobat bisa baca kembali petunjuknya cara pemasangan kode unit iklan di Blog AMP HTML, disitu dijelaskan secara detail dan rinci, sampai postingan ini saya terbitkan pun template blog yang saya pakai ini dari arlina design masih banyak terdapat error AMPnya, dan saya masih berusaha memperbaikinya bagi saya semakin rumit akan semakin giat saya untuk belajar, hee..hee.

Ups..hampir lupa kasih tahu untuk sobat yang belum memasang kode js amp-ad silahkan pasang terlebih dahulu silahkan copy kode dibawah ini dan letakkan sebelum kode </head> atau diatasnya tepat, berikut kodenya
<script async custom-element="amp-ad" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-ad-0.1.js"></script>

Baiklah sobat itu saja yang bisa saya bagikan, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.