Oct 2, 2017

Membuat Unit Iklan Link Adsense di Template Blog AMP HTML

Unit Iklan Link Adsense AMP HTML

Postingan kali ini adalah lanjutan dari Postingan sebelumnya yang pernah dibahas seputar pemasangan Kode Unit Iklan Adsense di Blog AMP HTML yaitu Cara Pasang Kode Unit Iklan Adsense di Blog AMP. Di kesempatan kali ini akan kita bahas Membuat Unit Iklan Link Adsense di Template Blog AMP HTML sekaligus menjawab pertanyaan dari sobat blogger yang menanyakan pemasangan unit iklan adsense Link di template blog AMP HTML.

Sebenarnya caranya hampir sama dengan pembahasan sebelumnya pastikan sobat sudah memasang kode js amp-ad yang akan diletakkan di atas kode </head>. Bagi sobat yang mau mencoba Membuat Unit Iklan Link Adsense di Template Blog AMP HTML mari kita simak pembahasannya berikut ini. 

Langkah Pertama
Pastikan di template blog sobat sudah terpasang kode js amp-ad seperti dibawah ini, jika sudah pernah memasangnya silahkan lewati langkah ini.

<script async="async" custom-element="amp-ad" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-ad-0.1.js"></script>

Langkah Ke Dua
Silahkan buat unit iklan link pilih Responsive dan untuk typenya pilih text ads only seperti dibawah ini.

<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-1234567890"
     data-ad-slot="1234567"
     data-ad-format="link"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>


Langkah Ke Tiga
Jika ingin memasang iklan pada Tampak Atas Layar (Above The Fold) yang jika saat blog dikunjungi iklan akan tampil pertama kali sebelum blog digulung kebawah, dan disarankan untuk menggunakan dengan unit iklan dengan ukuran layout fixed-height 100px yang artinya lebar iklan otomatis akan mengikuti lebar layar atau tempat dia berada saat ditampilkan sedangkan untuk tingginya fix 100px, kode AMP HTML sebagai berikut.



<amp-ad
layout="fixed-height"
height="100"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-1234567891234567"
data-ad-slot="1234567890">
</amp-ad>

Untuk kode diatas sangat cocok dipasang di bawah Header dan silahkan sesuaikan kode data-ad-client dan data-ad-slot.


Langkah Ke Empat
Jika ingin memasang iklan pada Tampak Layar Setelah blog di Scroll (Below The Fold) yang jika saat blog dibuka kemudian halaman di scroll ke bawah maka akan tampil iklan tersebut. Untuk pemasangan dengan metode ini disarankan untuk menggunakan dengan unit iklan dengan ukuran tinggi 250px pada layout fixed-Height. Jadi pada saat iklan tampil otomatis akan menyesuaikan dengan layar atau tempat dimana ditampilkan dengan ukuran tinggi fix 250px, dan kode AMP HTML sebagai berikut.

<amp-ad
layout="fixed-height"
height="250"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-1234567891234567"
data-ad-slot="1234567890">
</amp-ad>

Untuk kode diatas sangat cocok dipasang pada sidebar atau bisa juga dipasang tepat dibawah komentar dan silahkan sesuaikan kode data-ad-client dan data-ad-slot.

Perhatikan penerapan kodenya jika dirasa sudah sesuai silahkan SAVE dan selesai, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.