Feb 13, 2018

Mau Belajar SEO ? Kenali Dulu Istilahnya SEO nya

belajar SEO

Ketika dulu saya baru pertama mengenal blog, selain mempelajari teknik bagaimana cara menulis artikel yang baik, hal lainnya yang saya pelajari adalah tentang SEO (search enggine optimization), alasanya adalah karena dulu saya dapat informasi bahwa jika ingin blog mudah ditemukan di mesin pencari maka yang harus dipelajari adalah SEO. 

Ketika pertama kali mulai belajar SEO, benar-benar sulit, karena ternyat ada banyak sekali istilahistilah yang baru pertama kali didengar dan benar-benar sulit dipahami, sehingga saya harus mencari banyak referensi hanya untuk memahami maksudnya, setiap kali saya memahami hal-hal baru yang berkaitan dengan seo, maka saya tulis ulang dalam sebuah artikel, dengan tujuan untuk mengingat apa yang saya pelajari tentang seo, dan ternyata setiap apa yang kita pahami ditulis ulang, benar-benar masuk ke dalam ingatan jangka panjang serta tidak mudah lupa. serta ketterampilan menulis pun menjadi terasah.  

Saya sadari ternyata untuk memahami seo itu tidak mudah, selain harus banyak membaca berbagai referensi yang tidak kalah pentingnya adalah banyak mencoba dan terus bereksperimen, saya hanya bisa menyimpulkan, belajar seo itu tidak semudah membalikan telapak tangan perlu eksperimen dan terus mencoba hingga bisa mendapatkan cara yang cocok yang terbukti efektif. 

Yang paling sulit ketika pertama kali mulai belajar seo adalah memahami istilah-istilah yang sangat erat kaitannya dengan dunia SEO, oleh karena itu untuk anda yang baru pertama kali belajar seo dan ingin memahami seo, maka sebagai bekal awal di artikel kali ini saya ingin menyajikan artikel yang membahas mengenai istilah-istilah seo sehingga bisa memberikan petunjuk kepada anda yang sedang mempelajari seo dengan serius.  

Istilah-Istilah SEO yang harus anda ketahui untuk memahami SEO lebih dalam, berikut adalah beberapa istilah penting yang sangat erat kaitannya dengan dunia SEO, dan wajib diketahui oleh pemula, agar lebih mudah memahami tentang seo. 

1. Pengertian SEO 
Dulu sekali saya malah bingung dengan 3 hurup ini, saya hanya tau jika blog ingin muncul di mesin pencari maka yang harus dipelajari adalah SEO, setelah mencari tau, seo itu ternyata singkatan dari Search Enggine Optimization atau optimasi mesin pencari, jadi seo itu upaya si pemilik situs dalam mengoptimalkan halaman blognya dengan melibatkan faktor-faktor yang disukai mesin penacari agar situsnya mudah ditemukan mesin pencari.

2. Optimasi SEO Onpage dan Offpage 
Jika anda baru belajar seo anda pasti akan bersinggungan dengan istilah optimasi seo onpage dan offpage, kedua istilah ini kerap digunakan, mengingat seo tidak akan lepas dari 2 istilah ini. optimasi seo sanagat erat kaitannya dengan segala upaya untuk membuat blog dan juga artikel blog lebih mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari (SERP/search enggine result page).  

Lantas apa itu optimasi seo onpage dan offpage? Optimasi seo Onpage adalah segala upaya yang dilakukan di dalam blog, dengan melibatkan faktor-faktor yang disukai oleh mesin pencari, seperti bagaimana merangkai artikel seo friendly, bagaimana memilih template yang seo friendly dan lain sebagainya. ada aturan khusus bagaimana kita melibatkan optimasi seo onpage, kita harus mengetahui faktor-faktor yang disukai oleh mesin pencari.

Perbedaannya bisa sobat baca disini :  

Sedangkan optimasi seo offpage adalah segala upaya yang dilakukan di luar blog atau situs namun masih memberikan pengaruh terhadap situs tersebut, beberapa upaya optimasi seo offpage diantaranya adalah promosi offline maupun online, membangun backlink dan lain sebagainya. 

3. Backlink, Internal link dan ekternal link 
Istilah selanjutnya yang akan sering anda dengar dan sering anda temukan ketika mempelajari seo adalah istilah backlink, intenal link dan ekternal link, jika anda baru pertama kali mendengar istilah ini maka sebaiknya anda membaca dulu tentang apa itu link. Kalo dijelaskan secara sederhana link itu adalah tulisan/ gambar di halaman situs dan jika diklik maka akan membuka halaman lainnya yang dituju. biasanya secara bawaan berbentuknya berupa teks bergaris bawah dan berwarna biru. 

Jika anda sudah paham mengenai link maka anda akan lebih mudah memahami apa itu backlink, intenal link dan ekternal link, ketiga istilah tersebut masih sama-sama link namun berbeda perlakuan. 

Backlink sering juga disebut dengan inbound link (link masuk), artinya link yang menuju alamat situs atau alamat halaman blog anda namun letaknya ada di blog orang lain, keberadaan backlink untuk halaman blog benar-benar sangat penting, backlink berupa vote yang dapat mensuport blog anda, blog yang memiliki backlink akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari.  

Internal link ? 
Internal link disebut juga sebagai link antara artikel dalam satu blog yang sama, jadi ketika diklik akan menuju halaman lain tapi masih di blog yang sama, internal link biasanya menuju halaman artikel relevan yang terdapat pada blog yang sana, tujuannya adalah untuk memberikan informasi tambahan kepada pembaca dan juga untuk meningkatkan page view.

Ekternal Link ? 
Ekternal link atau sering juga disebut dengan outbound link adalah link yang berada di halaman blog dan jika diklik akan menuju halaman blog orang lain. Tidak jauh berbeda dengan internal link, jika ekternal link menuju halaman blog orang lain sedangkan internal link menuju halaman yang sama, fungsinya tidak jauh berbeda dengan internal link, untuk memberikan informasi lanjutan atau referensi yang jelas mengenai artikel yang sedang dibahas. 

4. SERP 
Jadi ingat dulu ketika pertama kali beajar tentang seo, saya sampai bingung ketika membaca kata serp dan di artikel yang dibaca tidak dijelaskan, anda juga sepertinya akan bingung terutama pemula yang baru belajar seo.  

Serp sebenarnya adalah singkatan dari Search Enggine Result Page (SERP), adalah istilah lain yang memiliki arti hasil perncarian mesin pencari. seperti google, bing, yahoo dan mesin pencari lainnya. sebagai contoh ketika anda ingin mencari informasi dengan mesin pencari google, maka hasil pencarian yang diinformasikan mesin pencari google itu istilahnya adalah SERP, saya yakin pasti anda paham.

5. Pageview vs Visitor 
Beberapa blogger pemula ada yang masih menganggap sama antara page view dan visitor atau pengunjung, seperti saya dulu ketika pertama kali mengenal istilah ini, saya menganggapnya juga sama, padahal keduanya adalah istialah yang berbeda namun saling berkaitan. 

Jika anda mendengar kata pageview biasanya itu berkaitan dengan jumlah halaman blog yang berhasil dibuka oleh pengunjung atau visitor, sedangkan visitor adalah orang yang mengunjungi blog anda, jika visitor ketika mengunjungi blog anda membuka beberapa halaman blog anda, maka jumlah page view atau halaman yang dilihat akan lebih besar dari visitor, jika misalnya setiap visitor blog anda membaca hanya 1 halaman saja, maka kemungkinan jumlah page view akan sama dengan visitor, page view tidak mungkin lebih kecil dari visitor paling tidak jumlahnya sama.

Sebenarnya ada banyak sekali istilah-istilah yang berkaitan dengan seo ini, namun yang saya berikan hanya 5 saja berhubung ingat pengalaman dulu ketika belajar seo, ke 5 istilah diatas yang pertama kali menjadi pertanyaan saya ketika memulai belajar seo. 

Untuk memahami istilah-istilah seo sebenarnya sangat mudah, kuncinya anda harus banyak membaca berbagai sumber, jika anda menemukan istilah yang kurang dipahami maka anda bisa mencari tau dengan bantuan mesin pencari google, sekali baca mungkin akan lupa, tapi semakin anda sering berkecimpung di materi seo maka lambat laun pengetahuan anda tentang istilah seo akan semakin banyak.  Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.