Mar 20, 2018

Cara Memasang Tombol Reaksi di Blogger dengan Vicomi

vicomi

Diantara sobat blogger mungkin sudah familiar dengan tombol reaksi yang sering muncul di situs-situs berita disertai dengan ikon/emoji yang eye catching, di akhir tulisan artikel biasanya sobat akan melihat tombol reaksi tersebut. Tombol reaksi ini berfungsi untuk menambah umpan balik dari pembaca mengenai tanggapan dari artikel yang sedang ia baca.

Bagi yang menggunakan platform WordPress terdapat plugin DW Reaction, Emotify Reaction, dan plugin tombol reaksi lainnya yang bisa ditambahkan dengan mudah ke situs WordPress. Namun bagaimana dengan platform Blogger? Sebetulnya di blogger sendiri sudah menyediakan tur tombol reaksi yang bisa kita tambahkan ke blog hanya saja tampilannya tombol radio saja bisa dibilang sangat sederhana, namun pada kesempatan ini saya akan berbagi bagaimana cara memasang tombol reaksi di blog dengan third party Vicomi yang lebih keren dari tombol reaksi bawaan blogger.


Bagi sobat yang tertarik untuk memasang tombol reaksi Vicomi ini, silakan ikuti langkah berikut ini

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun di situs Vicomi
vicomi2

Kemudian klik tombol Get Your Free Reaction Tools Now, setelah itu pilih Code For HTML Website, klik tombol Get the code for HTML website
vicomi4

Selanjutnya isi form dengan lengkap lalu salin kode yang diberikan kedalam template blog

vicomi5

Cara Penambahan ke Tema Blogger
Tambahkan kode seperti pada gambar di atas ke dalam tema sebelum </body> (Sesuaikan dengan kode token blog sobat).

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Tombol Reaksi Vicomi
!function(){var e=document.createElement("script");e.async=!0,e.src="https://assets-prod.vicomi.com/vicomi.js?token=1d852d9a6638475caf87db6cf9dd5255";var c=document.getElementsByTagName("script")[0];c.parentNode.insertBefore(e,c)}();
//]]>
</script>
</b:if>

Tambahkan juga kode HTML di bawah ini setelah kode <data:post.body/> paling bawah yang dibungkus tag kondisional halaman artikel.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id='kabarvicomi'>
<div class='kabarvicomi'>
<div data-access-token='1d852d9a6638475caf87db6cf9dd5255' data-display-type='4' id='vc-feelback-main'/>
</div>
</div>
</b:if>

Di sini saya menamberi CSS tambahan kabarvicomi, tambahkan juga CSS ini sebelum </style>

#kabarvicomi{position:relative;margin:0 auto 20px auto;overflow:hidden}
.kabarvicomi{margin:-28px auto}

Setelah itu klik tombol Simpan tema, selesai dan lihat hasilnya di blog. Silahkan sobat sesuaikan


Kekurangan dari tombol reaksi ini adalah tidak support untuk multi situs, jadi hanya bisa menambahkan satu situs per akun. Demikian semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Halo Sobat, sedikit cerita mengenai diri saya, saya adalah hanya seorang penulis amatiran yang mencoba berbagi pengetahuan dari apa yang saya dapat sehari-hari. Pengalaman ini saya tuangkan di tulisan dengan tujuan baik agar pengetahuan dan pengalaman saya ini dapat bisa di pergunakan dan bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi dan umumnya untuk orang lain, sehingga saya beri nama Web saya ini dibalikseo.com yang filosofinya adalah dibalik pengetahuan yang saya dapat.